Kamis, 02 Agustus 2012

Pengertian M.Excel

Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel. Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom Types.
Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.

Format Karakter pada M.Word

Format Karakter dalam MS Word

Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan.
Klik menu Home, kemudian pada ribbon Font klik ikon di pojok kanan bawah ) untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti pada gambar berikut
clip_image002
Tabel di bawah ini memperlihatkan contoh-contoh hasil pemformatan teks dan penggunaan efek di dalam teks.
clip_image004
Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri (Align Left) , rata tengah (Center) , rata kanan (Align Right) , dan rata kiri kanan (Justified). Contoh penggunaan perataan paragraf:

Mengatur paragraf,margin,font


A. PARAGRAF
Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang mengandung makna tertentu dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Jika mengetik dengan mesin tik, enter ditekan untuk mengakhiri setiap barisnya. Tetapi tidak begitu halnya dalam Word 2007. Penekanan tombol enter hanya dilakukan jika ingin berpindah ke paragraph berikutnya.
Salah satu bentuk format paragraf yang sering digunakan adalah perataan paragraf (Paragraph) yang terdapat pada menu bar Home. Perataan ini terdiri atas :
-          Perataan Kiri (AlignText  Left)
-          Perataan Tengah (Center)
-          Perataan Kanan (Align Text Right)
-          Perataan Penuh kanan dan kiri (Justify)
Langkah yang digunakan untuk menentukan perataan ini adalah :
1.         Tempatkan kursor pada naskah yang akan diubah perataanya.
2.         Klik icon perataan yang diinginkan pada sub menu Paragraph
Spasi baris digunakan untuk menentukan jarak antara baris satu dengan baris berikutnya dalam suatu paragraf. Perintah yang digunakan untuk menentukan spasi baris ini adalah sebagai berikut :
1.         Tempatkan kursor pada paragraf yang diinginkan atau sorot beberapa paragraf.
2.         Klik icon Line Spacing yang terdapat pada sub menu Paragraph, kemudian pilih spasi yang diinginkan, atau
3.         Klik  Paragraph Button  untuk menampilkan paragraph menu secara utuh
4.         Atau dapat juga langsung dengan menggunakan Toolbar formating
B. MARGIN
Margin adalah jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman kertas. Margin berguna untuk mengatur dokumen agar dapat dicetak sesuai dengan keinginan. Menu margin akan muncul dengan cara:
1.     Klik Page Layout, dilanjutkan dengan klik Margin
2. Akan muncul berbagai pilihan pengaturan margin. Apabila ingin men-set sendiri pilih Custom Margin dan akan muncul tab Page Setup atau langsung klik dari Page setup Button
Arti dari tab Page Setup yang tersedia adalah:
  • Top, digunakan untuk mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas.
  • Bottom, digunakan untuk mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas.
  • Left, digunakan dalam pengaturan batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri kertas.
  • Right, digunakan untuk pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas.
  • Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untuk memberikan lokasi kosong untuk penjilidan. Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada bagian pilihan Gutter posistion yang menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top)
  • Header, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi atas kertas.
  • Footer, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi bawah kertas. Header dan footer ini akan otomatis tampil pada setiap halaman dokumen.
  • Tab Orientation, digunakan untuk menetukan arah percetakan halaman. Arah pengaturan halaman dokumen ini terbagi dua, yaitu ;
-          Portrait, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah tegak (vertikal), sedangkan
-          Landscape, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah melebar (horizontal)
  • Mirror Margin, untuk mengatur batas halaman secara timbal balik sehingga dapat dicetak secara timbal balik. Biasanya digunakan jika kita ingin mencetak dokumen secara timbal balik dengan hasil seperti buku cetak. Perubahan terjadi pada option left dan right dimana kedua option ini diganti dengan nama Inside dan Outside. Inside, digunakan untuk pengaturan batas dokumen yang bagian dalam. Outside, digunakan untuk pengaturan batas dokumen bagian luar.
  • Apply to, digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat beberapa option lagi sebagai berikut ;
-          Whole document, artinya pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen.
-          This point forward, artinya pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir.
-          This section, artinya pengaturan margin hanya berlaku pada halaman yang aktif saja.
-          Selected text, pengaturan hanya berfungsi pada teks yang ditandai saja.
  • Tab Paper Size, digunakan dalam pengaturan ukuran kertas dan orientasi pencetakan dokumen. Jika diklik, maka akan muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh Word 2007. Jika ukuran kertas yang digunakan tidak ada yang cocok, maka pilihlah option Custom Size.
C. FONT
Pengaturan huruf ini dilakukan dengan menandai terlebih dahulu teks yang akan diubah, kemudian klik tab Font atau langsung ubah di kotak dialog Font.
  • Font, digunakan untuk memilih jenis huruf.
  • Font Size, digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah dipilih.
  • Font Color, digunakan untuk menentukan jenis warna dari huruf yang dipilih.
  • Strikethrough, memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah tesk tersebut. Contoh ” Efek Strikethrough “
  • Double Strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua. Contoh ” Efek Double Strikethrough “
  • Superscript, akan memberikan efek, teks akan naik ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan, seperti ” x2
Subscript, akan memberikan efek, teks akan turun ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah, seperti ” H2O “

Fitur unggulan M.word

  • AutoCorrect
  • MailMerge
  • Autopage Index
  • Macro
  • Auto Formating
  • HTML editor
  • Booklet layout
  • What You See Is What You Get (WYSIWYG)
  • Mendukung format XML dan ODF (Word 2010)

Rabu, 01 Agustus 2012

Mengakhiri M.Word 2007

Setelah selesai bekerja dengan word 2007 , akhiri program dengan menggunakanlangkah-langkah sebagai berikut:
 1. Simpan terlebih dahulu dokumen tersebut 
2. Setelah menyimpan file dokumen pilih menu File. Klik tombol Exit maka kita akankeluar dari program microsoft office2007. 
Apabila dokumen yang dibuat belum tersimpan, maka dilayar akan tampil kotak dialogkonfirmasi menyimpan file. Klik Tombol Yes untuk menyimpan file tersebut. 
 

Fungsi Icon pada Tab Home

Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home

tab-home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.

Group Clipboard

clippboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

Group Font

font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

Office Button

Office Button

Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.

 office-button


Keterangan:

Nama Icon
Keterangan
New digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close digunakan untuk menutup file dokumen aktif